PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MORAL REASONING TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOSARI 2 SAYUNG

Choirun Nadwah, Alfina (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MORAL REASONING TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOSARI 2 SAYUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900009_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penanaman sikap nasionalisme dengan menggunakan metode pembelajaran moral reasoning pada mata pelajaran PPKn materi proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya permasalahan yang terjadi pada siswa pada masa sekarang ini mengenai sikap nasionalisme yaitu siswa tidak sopan dan hormat kepada guru, kurangnya rasa solidaritas kepada teman, kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak berani mengungkapkan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran moral reasoning terhadap sikap nasionalisme siswa kelas V SD Negeri Purwosari 2 Sayung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental tipe nonequivalent control group desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Purwosari 2 Sayung dan siswa kelas V SD Negeri Timbulsloko 1. Variabel penelitian meliputi angket sikap nasionalisme siswa. Teknik analisis datanya yaitu uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji paired sample t test. Perbedaan rata-rata skor akhir sikap nasionalisme pada kelas eksperimen 44,19 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 37,45 dengan signifikansi hitung 0,000 < 0,05 menunjukkan metode pembelajaran moral reasoning lebih baik dan efektif dibandingkan metode ceramah. Kata Kunci : Moral Reasoning, Sikap Nasionalisme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 May 2023 07:38
Last Modified: 26 May 2023 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28647

Actions (login required)

View Item View Item