PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TUNJUNGHARJO

Malik Mukromin, Abdul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TUNJUNGHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900005_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)

Abstract

Era globalisasi menuntut setiap orang untuk dapat berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantu media pop-up book terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD Negeri 2 Tunjungharjo. Penelitian ini merupakan pre-eksperimenal design dan menggunakan One-Group Pretestposttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tunjungharjo berjumlah 24 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh berjumlah 24 orang peserta didik, 9 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil dengan diberikan perlakuan (posttest) lebih tinggi dari hasil tanpa diberikan perlakuan (pretest) yaitu dengan rata-rata nilai pretest 56,04 dan rata-rata nilai posttest yaitu 67,50. Hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 4,27 > 2,068 yang berarti terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantu media pop-up book terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dari hasil uji gain memperoleh hasil rata-rata 0,22 dengan kategori rendah artinya telah terjadi peningkatan hasil nilai siswa secara rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantu media pop-up book terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan peningkatan hasil rata-rata yang rendah. Kata Kunci : Berpikir tingkat tinggi, problem based learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 May 2023 07:43
Last Modified: 24 May 2023 07:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28645

Actions (login required)

View Item View Item