Malik Mukromin, Abdul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TUNJUNGHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900005_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900005_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
Abstract
Era globalisasi menuntut setiap orang untuk dapat berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantu media pop-up book terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD Negeri 2 Tunjungharjo. Penelitian ini merupakan pre-eksperimenal design dan menggunakan One-Group Pretestposttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tunjungharjo berjumlah 24 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh berjumlah 24 orang peserta didik, 9 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil dengan diberikan perlakuan (posttest) lebih tinggi dari hasil tanpa diberikan perlakuan (pretest) yaitu dengan rata-rata nilai pretest 56,04 dan rata-rata nilai posttest yaitu 67,50. Hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 4,27 > 2,068 yang berarti terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantu media pop-up book terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dari hasil uji gain memperoleh hasil rata-rata 0,22 dengan kategori rendah artinya telah terjadi peningkatan hasil nilai siswa secara rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantu media pop-up book terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan peningkatan hasil rata-rata yang rendah. Kata Kunci : Berpikir tingkat tinggi, problem based learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 May 2023 07:43 |
Last Modified: | 24 May 2023 07:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28645 |
Actions (login required)
View Item |