ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N 1 WULUNG

Azizah, Nur (2023) ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N 1 WULUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900004_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan mengenai keterampilan literasi numerasi dalam pemecahan masalah matematika. Dimana keterampilan literasi numerasi siswa dapat dilihat dari (1) keterampilan siswa memahami masalah dan membuat solusi mengenai permasalahan sehari-hari; (2) keterampilan menggunakan berbagai angka, operasi hitung dan simbol matematika; serta (3) keterampilan membuat kesimpulan dari permasalahan yang dihadapinya. Oleh karena itu keterampilan literasi numerasi sangat berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis studi kasus dimana subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 1 Wulung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa keterampilan literasi numerasi siswa secara umum masih sangat kurang. Namun keterampilan literasi numerasi pada setiap level pemecahan masalah matematika tentunya ada perbedaan. Keterampilan literasi numerasi siswa pada level 2 sedikit lebih baik dibanding dengan keterampilan literasi numerasi siswa pada level 1. Kata Kunci: Keterampilan Literasi Numerasi, Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 May 2023 02:32
Last Modified: 24 May 2023 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28592

Actions (login required)

View Item View Item