ANALISA VALUE ENGINEERING PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN SUNGAI GONDANG PROYEK JALAN TOL SOLO – NGAWI STA 49 + 553

Iandryan, Achyar (2023) ANALISA VALUE ENGINEERING PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN SUNGAI GONDANG PROYEK JALAN TOL SOLO – NGAWI STA 49 + 553. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
30202000288_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perencanaan yang kurang baik dalam suatu proyek dapat menimbulkan pembengkakan anggaran biaya. Pembengkakan anggaran biaya tersebut dapat diminimalisir dengan cara mengevaluasi perencanaan proyek, sehingga proyek konstruksi dapat mencapai nilai akhir optimal dengan cara value engineering. Pada penelitian ini studi value engineering dilakukan pada proyek pembangunan jembatan Sungai Gondang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan value engineering pada proyek pembangunan jembatan sungai Gondang, mengetahui desain paling efisien yang bisa diterapkan pada proyek pembangunan jembatan sungai Gondang, mengetahui jumlah/besar biaya total sebelum dan sesudah dilakukan value engineering pada proyek pembangunan jembatan sungai Gondang, serta mengetahui rekomendasi alternatif yang didapatkan setelah penerapan value engineering pada proyek pembangunan jembatan sungai Gondang. Jenis data yang diperlukan untuk penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang dimaksud yaitu foto lapangan jembatan yang akan diteliti, sedangkan untuk data sekunder dibutuhkan data tanah, gambar detail engineering design, data engineering estimate, dan data time schedule. Metode penelitian data value engineering memiliki empat tahapan yaitu tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, dan tahap rekomendasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan empat alternatif, alternatif I dan II dofokuskan pada struktur pondasi dan alternatif A dan B difokuskan pada struktuk gelagar. Pada pembahasan ditemukan bahwa pondasi yang efisien adalah alternatif pertama yaitu pondasi bored pile diameter 100 cm dan alternatif ketiga yaitu pemakaian balok gelagar precast PC-T produk dari PT. Wika Beton. Biaya pekerjaan pondasi eksisting memiliki harga sebesar Rp2.084.433.653,31. Biaya yang optimal dipilih alternatif I yang dapat dilihat dari biaya pekerjaan pondasi menjadi Rp1.912.534.319,31 yang berarti terjadi penghematan sebesar 8,25% yaitu Rp171.899.333,38 dan biaya struktur girder eksisting sebesar Rp2.779.437.600,00, biaya yang optimal dari alternatif A dapat dilihat dari biaya pekerjaan struktur girder menjadi Rp2.655.548.000,00 yang berarti terjadi penghematan sebesar 4,48% yaitu Rp124.549.600,00. sehingga peneliti merekomendasikan desain pondasi bored pile diameter 100 cm dan girder PC-T karena merupakan desain yang memiliki manfaat bersih lebih tinggi daripada alternatif lainnya. Kata kunci : value engineering; jembatan; pondasi; bored pile; girder

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 May 2023 03:00
Last Modified: 24 May 2023 03:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28588

Actions (login required)

View Item View Item