PENGARUH KONFIGURASI KELOMPOK PONDASI TIANG PADA GEDUNG STRUKTUR BAJA (STUDI KASUS GEDUNG UNIVERSITAS 8 LANTAI DI SEMARANG)

Rani Nurul Wijayanti, Rani Nurul Wijayanti and Widya Dian Mayangsari, Widya Dian Mayangsari (2023) PENGARUH KONFIGURASI KELOMPOK PONDASI TIANG PADA GEDUNG STRUKTUR BAJA (STUDI KASUS GEDUNG UNIVERSITAS 8 LANTAI DI SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
30202100248_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Redesign Gedung Universitas 8 Lantai di Semarang ini bertujuan untuk dapat merencanakan struktur atas bangunan menggunakan struktur baja, yang meliputi Kolom, Balok, dan Plat. Material baja di pilih selain memiliki sifat daktilitas yang tinggi juga sebagai inovasi barn karena pembangunan gedung bertingkat di Indonesia umumnya menggunakan material beton bertulang. Dan untuk struktur bawahnya dilakukan analisa pengaruh konfigurasi kelompok pondasi tiang. Analisa pondasi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konfigurasi kelompok pondasi tiang terhadap daya dukung dan penurunan tiang. Program yang digunakan untuk menghitung perencanaan struktur baja menggunakan SAP2000 v14.0.0 dan Microsoft Excel 2010 serta alat program bantu untuk menggambar variasi pondasi menggunakan AutoCAD 2010. Perencanaan pembebanan untuk gedung menggunakan Peraturan Pembebanan Indonesia untuk Gedung SNI 1727:2020. Analisis beban gempa pada perencanaan struktur atas menggunakan Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan dan Non Gedung SNI-1726-2019. Sedangkan Analisa konfigurasi yang di gunakan yaitu menggunakan perhitungan daya dukung metode Mayyerhof, dan perhitungan penurunan kelompok tiang menggunakan metode Vesic. Hasil dari perancangan kembali gedung universitas 8 lantai ini adalah menghasilkan kualitas bangunan Gedung struktur baja yang aman sesua1 pembebanan dan material profil baja yang digunakan. Dan jenis pondasi yang digunakan yaitu pondasi tiang pancang dengan konfigurasi kelompok tiang variasi 3,4, dan 6 tiang yang akan di peroleh nilai daya dukung dan penurunan tiang nya. Kata kunci: struktur baja, konfigurasi pondasi, daya dukung tiang, penurunan tiang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 May 2023 02:22
Last Modified: 24 May 2023 02:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28573

Actions (login required)

View Item View Item