ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL SEGMEN JALAN SOEKARNO HATTA DEPAN SPBU PERTAMINA MASJID AGUNG SEMARANG

Wijaya Rangga Saputra, Wijaya Rangga Saputra and Wisnu Adi Irawan, Wisnu Adi Irawan (2022) ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL SEGMEN JALAN SOEKARNO HATTA DEPAN SPBU PERTAMINA MASJID AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
30202100264_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kota Semarang sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah merupakan pusat kegiatan pemerintahan, ekonomi, sosial, pendidikan maupun kebudayaan di Jawa Tengah. Dengan peran Kota Semarang tersebut, maka Kota Semarang juga mengalami peningkatan jumlah kendaraan yang sangat besar. Dari beberapa lokasi kepadatan lalu-lintas, persimpangan jalan Soekarno Hatta depan SPBU pertamina Masjid Agung Semarang merupakan persimpangan yang sering terjadi kepadatan lalu lintas karena pada lokasi tersebut merupakan titik temu dari 4 arah. Diantaranya dari arah jalan Gajah raya, Jalan Tambak Dalam Raya, Jalan Soekarno Hatta (Barat), Jalan Soekarno Hatta (Timur). Oleh karena itu titik persimpangan itu sering terjadi kepadatan lalu lintas maka perlu dilakukan analisa kinerja persimpangan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja persimpangan jalan tersebut untuk 5 tahun ke depan, mengetahui tingkat pelayanan persimpangan, dan memberikan solusi penyelesaian masalah kepadatan lalu lintas pada persimpangan Jalan Soekarno Hatta depan SPBU pertamina Masjid Agung. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui survey 7 hari yaitu hari senin – minggu pada tanggal 11 – 17 Juli 2022. Data hasil penelitian kemudian di olah dengan microsoft Excel menggunakan rumus-rumus dipanduan MKJI fase bersinyal. Untuk menghitung pertumbuhan kendaraan menggunakan regresi linear. Hasil penelitian menunjukan bahwa derajat kejenuhan jalan sebesar 0,861 yang berarti ruas jalan tersebut masuk dalam Kategori tingkat pelayanan E dengan DS (0,85-1,00). Tingkat pelayanan E adalag tingkat arus tidak stabil, kecepatan terkadang terhenti, permintaan sudah mendekati kapasitas. Maksudnya Jika pada jam-jam sibuk dimana arus tidak stabil dan kecepatan terkadang terhenti dan pergerakan di kendalikan oleh volume lalu lintas mendekati kapasitas, kepadatan lalu lintas yang berada pada kapasitas, oleh karna itu pengemudi memiliki keterbatasan untuk memilih kecepatan, pindah lajur untuk mendahului. Berdasarkan analisa pertumbuhan kendaraan kendaraan 14%, diperoleh derajat kejenuhan tahun 2022 sudah jenuh (DS = 0,86), Sehingga perlu dilakukan manajemen lalu lintas seperti melakukan pemeliharaan jalan dan pelebaran jalan sesuai aturan pemerintah no.34 tahun 2006 tentang jalan untuk mengurangi kemacetan dan dapat menampung kendaraan dengan kapasaitas yang lebih besar. dan menertibkan kendaraan bermotor, mobil, atau pun kendaraan besar yang terkadang berhenti di pinggir jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 May 2023 02:27
Last Modified: 24 May 2023 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28570

Actions (login required)

View Item View Item