Pramita Sari, Juli (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 4 PADAS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800039_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800039_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA itu menyenangkan bagi guru maupun siswa. Bedasarkan wawancara dengan guru kelas III pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Padas, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreEksperimental Design dengan alur penelitian One-Groub Pretest-Postest Design. Alasan peneliti menggunakan desain penelitian tersebut karena pada kenyataan dilapangan hanya terdapat satu kelas yaitu kelas III serta terdapat prestest sebelum diberi perlakuan sehingga dapat diketahui hasil perlakuan yang akurat. Hasil Uji Paired Sample T Test menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sejumlah 58,92 namun setelah dilaksanakan pembelajaran discovery learning menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa menjadi 73,21 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan kemampuan siswa Kata kunci: discovery learning dan kemampuan siswa siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 May 2023 02:00 |
Last Modified: | 23 May 2023 02:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28564 |
Actions (login required)
View Item |