PENERAPAN PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RSU FASTABIQ SEHAT PKU MUHAMMADIYAH

Andarista, Kirana Happy (2023) PENERAPAN PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RSU FASTABIQ SEHAT PKU MUHAMMADIYAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401900165_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401900165_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan SOP pada rawat jalan oleh pihak RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati, Jawa Tengah dalam menangani keluhan yang diterima. Standar Operasional Prosedur (SOP) dijadikan pedoman atau acuan untuk melaksanaan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja rumah sakit berdasarkan indikator teknis, administratif dan proseduran sesuai dengan tata kerja bersangkutan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Penelitian dengan melakukan wawancara tehnik mendalam, dengan narasumber beberapa karyawan RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui pada strategi penanganan keluhan alur pendaftaran pada rawat jalan di RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati berpedoman SOP yang ada di rumah sakit. Sedangkan strategi penanganan keluhan yang dilakukan adalah pertama pendekatan menyeluruh dengan melibatkan semua karyawan dalam menerima komplain dan sosialisasi, kedua teknologi yang baik menggunakan media sosial terutama pendaftaran online yang aktif dalam menerima keluhan, ketiga proses yang benar dilakukan dengan SOP yang berlaku, serta peran sosok pemimpin di rumah sakit dalam mengawasi kinerja karyawan dan ikut menyelesaikan keluhan yang diterima. Kata Kunci: Penanganan Keluhan, Rumah Sakit Swasta, Komplain, Pendaftaran Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 May 2023 02:02
Last Modified: 23 May 2023 02:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28553

Actions (login required)

View Item View Item