PERILAKU ASPAL WEARING COURSE DENGAN BAHAN TAMBAH LOW DENSITY POLYETHYLENE DAN FINE AGGREGAT SLAG TERHADAP PENGARUH RENDAMAN AIR ROB DAN AIR BANJIR

Elisa Anggraeni, Elisa Anggraeni and Bunga Ayu Muzdalifah, Bunga Ayu Muzdalifah (2023) PERILAKU ASPAL WEARING COURSE DENGAN BAHAN TAMBAH LOW DENSITY POLYETHYLENE DAN FINE AGGREGAT SLAG TERHADAP PENGARUH RENDAMAN AIR ROB DAN AIR BANJIR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
30201900079_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Air rob memiliki kandungan tingkat keasaman, klorida dan kadar sulfat yang tinggi sehingga dapat melemahkan kemampuan lekat aspal dalam mempertahankan ikatan antar aspal baik kohesi atau pun adhesi. Sehingga akan terjadi perubahan bentuk atau deformasi saat perkerasan jalan tersebut dilewati. Dengan adanya permasalahan demikian tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mendapatkan job mix formula aspal modifikasi dengan bahan tambah yang tahan terhadap rendaman air rob dan air banjir serta mengetahui perbandingan pengaruh perendaman terhadap keawetan dan durabilitas aspal modifikasi. Salah satu cara mengatasi kerusakan aspal akibat rendaman air rob adalah dengan memodifikasi aspal menggunakan bahan tambah yaitu polimer. Polimer yang digunakan berupa limbah plastik Polyethylene (PE) dengan jenis Low Density Polyethylene (LDPE) sebagai pensubstitusi aspal. Steel Slag juga dapat sebagai substitusi agregat kasar dalam campuran Asphalt Concrete Wearing Course (AC – WC). Pada eksperimen yang dilakukan di laboratorium dicoba penggunaan bahan tambah plastik dengan kadar 0%, 2%, 4% dan 6% sedangkan untuk slag kadar yang digunakan 0%, 50%, dan 100%. Ada beberapa pengujian yang dilakukan seperti uji agregat lolos saringan, uji berat jenis maksimal, pemeriksaan sampel aspal, dan uji marshall untuk benda uji aspal yang sudah dibuat. Hasil pengujian tersebut didapatkan nilai kadar aspal yang digunakan untuk analisis data. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, komposisi terbaik pada Asphalt Concrete Wearing Course Modifikasi yang terendam air banjir dalam perendaman menerus adalah agregat Slag 50% dan LDPE 4% dan 6% sedangkan untuk Asphalt Concrete Wearing Course Modifikasi yang terendam air Rob dalam perendaman menerus adalah Slag 50% dan LDPE 6%. Kata Kunci: Air Pasang; Low Density Polyethylene; Steel Slag; Asphalt Concrete Wearing Course

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 May 2023 02:01
Last Modified: 23 May 2023 02:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28550

Actions (login required)

View Item View Item