PERKUATAN LERENG MENGGUNAKAN METODE SOIL NAILING DENGAN MATERIAL GEOBRUGG (Studi Kasus : Bendungan Cacaban, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah)

Pramesti, Nabilla Ardhia and Azka, Yuni Millati (2023) PERKUATAN LERENG MENGGUNAKAN METODE SOIL NAILING DENGAN MATERIAL GEOBRUGG (Studi Kasus : Bendungan Cacaban, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
30201900158_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Longsoran dapat tejadi pada lokasi dengan keadaan geologi, morpologi, hidrologi, dan iklim yang kurang menguntungkan. Longsor pada lereng Bendungan Cacaban yang terletak di Desa Penujah, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dipicu oleh adanya struktur geologi yang berkembang dan kondisi tanah yang berupa lapukan dari proses pelapukan batuan yang mengalami degradasi baik oleh perubahan cuaca maupun akibat proses teroksidasi dan mengalami penjenuhan oleh kondisi ke-air-an yang fluktuatif. Salah satu cara untuk menanggulangi longor pada lereng adalah perkuatan lereng menggunakan metode soil nailing dengan kombinasi high-tensile wire mesh, sistem spike plate. Soil nailing adalah perkuatan tanah dengan cara memberi paku-paku pada tanah dengan panjang tertentu dan jarak tertentu. Analisis menggunakan dua aplikasi yang berbeda yaitu Program Plaxis V8.6 untuk analisis kondisi eksisting lereng dan Software RUVOLUM Online Tool untuk analisis perkuatan lereng. Analisis perhitungan perkuatan lereng menghasilkan pembuktian keamanan antara soil nailing dengan wire mesh maupun dengan sistem spike plate serta kekuatan kombinasi dari keseluruhan perkuatan yang digunakan. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai faktor keamanan pada kondisi awal lereng dengan program Plaxis V8.6 sebesar 1,1028 tidak memenuhi syarat lereng aman 1,5 yang berarti lereng dalam keadaan bahaya dan harus diberi perkuatan. Setelah diberi perkuatan dengan kombinasi high-tensile wire mesh, sistem spike plate, dan soil nailing didapatkan pembuktian untuk kekuatan kombinasi sebesar 0,956 dan 0,927 yang berarti sudah memenuhi persyaratan dari konsep dimensi RUVOLUM kurang dari 1 untuk keamanan perkuatan lereng. Kata Kunci: lereng; stabilitas lereng; longsor; soil nailing; geobrugg; plaxis; ruvolum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 May 2023 01:27
Last Modified: 23 May 2023 01:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28531

Actions (login required)

View Item View Item