DIGITALISASI MARKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SKALA USAHA IKM PATI PADA DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN PATI (Studi Kasus Produk IKM Plaza Pragola)

ROHMAH, NADIYA AHADIYATUR (2022) DIGITALISASI MARKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SKALA USAHA IKM PATI PADA DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN PATI (Studi Kasus Produk IKM Plaza Pragola). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401900228_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Manajemen_30401900228_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Pemasaran digital menjadi trend pemasaran yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, tak terkecuali para pelaku IKM memanfaatkan digital sebagai alat promosi produk mereka. Promosi dengan menggunakan teknologi digital terutama internet dirasa cukup simple dan tidak memakan banyak biaya operasional. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi covid-19 yang berkepanjangan pada tahun 2020-2021, dan keterbatasan SDM bidang teknologi terutama teknologi digital. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab.Pati dan plaza pragola dengan tujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh Disdagperin dalam meningkatkan skala usaha Industri Kecil Menengah (IKM) Pati melalui plaza pragola. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengambilan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan internet searching. Subjek dari penelitian ini adalah kasi bidang promosi Disdagperin, penanggung jawab plaza pragola dan Pelaku IKM Pragolo Pati. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian ini adalah pengaplikasian media digital sebagai media pemasaran plaza pragola berupa e-commerce, media sosial, dan website. E-commerce yang digunakan memiliki jumlah followers yang kurang sehingga pengunjung akun shoppe milik plaza pragola sepi. Tidak hanya itu media sosial instagram belum bersifat akun bisnis. Website memiliki kendala akses yang sulit, sering mengalami down karena banyak file yang kadaluarsa. Solusi mengenai penerapan pemasaran digital pada plaza pragola dirasa kurang maksimal karena keterbatasan SDM profesional dibidang teknologi digital. Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Keterbatasan SDM, IKM, Pemasaran Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2023 06:56
Last Modified: 22 May 2023 06:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28510

Actions (login required)

View Item View Item