Mansur Shofyansah, Syahid Mansur and Salsabiel, Sultan Haikal (2023) PERANCANGAN ULANG STRUKTUR ATAS GEDUNG PENDIDIKAN 8 LANTAI DI GUNUNGPATI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
30201800176_fullpdf.pdf Download (8MB) |
Abstract
Seiring dengan meningkatnya kerusakan struktur bangunan bertingkat akibat terjadinya gempa bumi yang melanda Indonesia pada beberapa tahun terakhir, maka diperlukan adanya perancangan struktur bangunan tahan gempa yang lebih baik berdasarkan peraturan gempa terbaru yaitu SNI 1726-2019. Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan ulang struktur gedung tahan gempa yaitu struktur gedung 8 lantai dari gedung 3 lantai Gedung Pendidikan di Gunungpati Semarang dengan menggunakan program ETABS. Berdasarkan hasil analisis dan perancangan yang dilakukan, diperoleh sistem struktur yang digunakan yaitu sistem ganda (Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus dan Sistem Dinding Struktural Khusus). Efektivitas struktur frame mampu memikul melebihi minimal 25% gaya lateral yaitu 49,43%. Kontrol simpangan antar tingkat telah memenuhi syarat dimana simpangan terbesar 29,22 mm kurang dari batas izinnya sebesar 31,38 mm. Terdapat 6 tipe balok dengan dimensi balok terbesar yaitu 350 x 700 mm dan 4 tipe kolom dengan dimensi kolom terbesar 900 x 900 mm pada sistem rangka pemikul momen khusus. Pada pengecekan strong column-weak beam diperoleh kuat lentur kolom lebih besar dari kuat lentur balok dengan rasio 6,24 lebih dari rasio minimumnya yaitu 1,2. Kata Kunci : Perancangan Ulang; Struktur Atas; Gempa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 May 2023 07:11 |
Last Modified: | 16 May 2023 07:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28456 |
Actions (login required)
View Item |