PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH JENIS KANTILEVER DENGAN METODE BISHOP DENGAN MENGGUNAKAN PERKUATAN SOIL NAILING DI DAERAH SIBELIS PEKALONGAN MENGGUNAKAN PERHITUNGAN SOFTWARE GEOSTUDIO

A’yuni, Izzah Noor Qurrata and Unaizahroya, Isfina Maulida (2023) PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH JENIS KANTILEVER DENGAN METODE BISHOP DENGAN MENGGUNAKAN PERKUATAN SOIL NAILING DI DAERAH SIBELIS PEKALONGAN MENGGUNAKAN PERHITUNGAN SOFTWARE GEOSTUDIO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
30201800094_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Jalur Sibelis Kab. Pekalongan merupakan salah satu jalur yang mempunyai lereng. Jalur tersebut sering terjadi longsor. Longsor terjadi karena tanah kehilangan kekuatan geser sehingga tidak mampu memikul beban. Oleh karena itu diperlukan dinding penahan tanah untuk memperkuat lereng. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui klasifikasi tanah dan stabilitas lereng Sibelis. Metode penelitian menggunakan analisa Bishop dan software Geostudio/SeepW untuk mengetahui stabilitas lereng dan safety factor. Untuk mengetahui sampel tanah dari Sibelis Pekalongan maka dilakukan uji di Laboratarium mekanika tanah Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan yaitu uji properties tanah, Direct Shear Test, Atterberg Limit Test, Grain Size Analysis dan Hydrometer. Hasil uji ini akan digunakan untuk permodelan tanah di software. Dari hasil perencanaan nilai safety factor DPT menggunakan metode Bishop menghasilkan nilai SF 0,356 < 1,5 (tidak aman). Setelah menggunakan kantilever dengan metode Geostudio nilai SF 0,841 < 1,5 yang menunjukan bahwa stabilitas lereng masih tidak aman. Untuk memperkuat DPT lereng Sibelis yang masih tidak aman diperkuat dengan soil nailing diperoleh nilai SF1,666 > 1,5 yang menujukan bahwa lereng stabil (aman) . Kata kunci : Dinding penahan tanah, kantilever, soil nailing, bishop, Geostudio/SEEP/W.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2023 07:38
Last Modified: 16 May 2023 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28450

Actions (login required)

View Item View Item