PROSES BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Jullailatul Azizia, Ananda (2023) PROSES BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900008_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship ditinjau dari self efficacy. Subjek penelitian ini adalah siswa berumur 15 tahun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, instrument tes dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi, pengumpulan data, reduksi data yang disajikan dalam bentuk teks dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses berpikir komputasional siswa bahwa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship yang mempunyai self efficacy tinggi dapat mencapai tahap dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan berpikir algoritma serta proses berpikir siswa dalam melaksanakan rencana dapat menghubungkan masalah nyata menjadi masalah matematis. Sedangkan siswa yang mempunyai self efficacy sedang mencapai tahap dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan berpikir algoritma dan dalam melaksanakan rencana tidak menghubungkan masalah nyata ke masalah matematis namun menggunakan logika. Sedangkan siswa yang mempunyai self efficacy rendah hanya mencapai tahap dekomposisi dan pengenalan pola belum dilakukan abstraksi dan berpikir algoritma karena proses berpikir siswa dalam melaksanakan rencana menggunakan logika dan dalam menyelesaikan masalah tersebut tidak memberikan kesimpulan jawaban serta langkah – langkah yang logis. Kata kunci : berpikir komputasional, PISA, change and relationship, self efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2023 07:39
Last Modified: 16 May 2023 07:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28422

Actions (login required)

View Item View Item