PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PASAR PAPRINGAN DI TEMANGGUNG TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Budi Anggraeni, Sofia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PASAR PAPRINGAN DI TEMANGGUNG TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800027_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)

Abstract

Koneksi matematis adalah salah satu aspek yang harus ditekankan pada pada kurikulum 2006. Dewan Nasional Ajaran Matematika mengemukakan bahwa apabila siswa dapat menghubungkan konsep-konsep matematika secara matematis, maka siswa akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam dan dapat bertahan lebih lama. Pemahaman siswa akan lebih baik jika siswa dapat mengaitkan ide, gagasan, prosedur dan konsep dari pelajaran yang sudah pernah dipelajari dengan pelajaran yang baru didapatkan. Pentingnya koneksi matematis bagi siswa diantaranya adalah, keterkaitan antara konsep-konsep matematika yaitu berhubungan dengan matematika itu sendiri, matematika dengan disiplin ilmu lain dan keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. Beberapa hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam mengkoneksikan matematika masih kurang, salah sataunya dalam menyelesaikan soal cerita. Berdasarkan hasil observasi awal penelitian didapatkan bahwa masih banyak siswa dengan kemampuan koneksi matematis yang rendah, karena itu diperlukan suatu cara baru berupa metode maupun media pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Berdasarkan permasalah tersebut melalui penelitian dan pengembangan ini, peneliti membuat media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal Pasar Papringan di Temanggung, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada siswa kelas VIII G SMP N 1 Pringsurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Model pengembangan yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP N 1 Pringsurat yang berjumlah 24 siswa, dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal Pasar Papringan di Temanggung valid dan layak digunakan sebagai bahan alternatif mengajar dan efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, Dengan adanya penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai ketertarikan untuk mengembangkan inovasi lain yang efektif digunakan dalam pembelajaran Kata kunci : Koneksi Matematis, Video Animasi, Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2023 07:37
Last Modified: 16 May 2023 07:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28421

Actions (login required)

View Item View Item