KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Rochmaniatus Sholekhah, Laili (2023) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800017_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki adanya pencapaian KKTP sama dengan 75 terhadap rata-rata skor tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan untuk menyelidiki adanya perbedaan rata-rata skor kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis True Experimental dengan Posttest Only Control Design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sayung. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dengan 5 soal uraian. Teknik analisis data awal menggunakan uji normalitas dengan uji Shapiro Wilk dan uji homogenitas dengan uji One Way Anova. Uji analisis data akhir menggunakan One Sample t Test dan Independent t Test. Hasil analisis data diperoleh terdapat pencapaian KKTP sama dengan 75 terhadap rata-rata skor tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata skor tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selin itu rata-rata skor tes kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingg dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan alat peraga kartu aljabar dapat diterapkan pada siswa kelas VII untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci : Discovery Learning, Kartu Aljabar, dan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2023 07:36
Last Modified: 16 May 2023 07:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28420

Actions (login required)

View Item View Item