KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES GALENUS

Apriani, Cindi (2022) KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES GALENUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800009_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Kata kunci : Kemampuan Penalaran, Pembelajaran Matematika Realistik, Tipe kepribadian Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan berpikir berdasarkan langkah-langkah tertentu dalam menarik kesimpulan dari konsep atau pemahaman yang didapatkan sebelumnya. Ada banyak upaya untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa salah satunya pembelajaran matematika realistik. Penalaran matematis pada realitanya mempunyai hubungan erat dengan tipe kepribadian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII pada materi Bilangan Bulat dalam pembelajaran matematika realistik ditinjau dari tipe kepribadian HippocratesGalenus yaitu kepribadian sanguinis, koleris, melankolis, phlegmatis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Larangan yang nanti nya akan diambil 2 siswa setiap tipe kepribadian. Instrumen yang digunakan yaitu, angket tipe kepribadian Hippocrates Galenus, tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara. Siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, mampu dalam memperkirakan proses penyelesaian, kurang tepat dalam menggunakan pola, tidak mampu dalam menyusun argumen yang valid, tidak mampu dalam menarik kesimpulan yang logis. Siswa dengan tipe kepribadian koleris kurang mampu dalam memperkirakan proses penyelesaian, mampu dalam menggunakan pola,mampu dalam menyusun argumen yang valid, kurang mampu dalam menyimpulkan dengan logis.Siswa dengan tipe kepribadian melankolis mampu dalam memperkirakan proses penyelesaian mampu dalam menggunakan pola, mampu dalam menyusun argumen yang valid, mampu dalam menarik kesimpulan yang logis. Siswa dengan tipe kepribadian phlegmatis mampu dalam menggunakan pola, kurang mampu dalam menyusun argumen yang valid,tetapi tidak mampu dalam menarik kesimpulan yang logis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2023 07:17
Last Modified: 16 May 2023 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28415

Actions (login required)

View Item View Item