EFEKTIVITAS GEDUNG PARKIR BERSAMA DI JALAN PANDANARAN KOTA SEMARANG

SAFIRA, AGYSSA FIRDHA (2023) EFEKTIVITAS GEDUNG PARKIR BERSAMA DI JALAN PANDANARAN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
31201900060_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Jalan Pandanaran sudah lama mempunyai permasalahan parkir yang belum teratasi karena kurangnya lahan parkir yang ada di bahu jalan. Pemerintah kota menanggapi masalah tersebut dengan menyediakan fasilitas gedung parkir yang bergabung dengan DKK. Tujuannya fasilitas tersebut dapat menampung parkir bagi pengunjung Jalan Pandanaran. Setelah selesai kemudian beroperasi dan sampai saat ini masih kurang diminati dan terdapat parkir di bahu jalan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perilaku pengunjung Jalan Pandanaran dalam memilih lokasi parkir. Dalam melakukan analisis tersebut dilakukan dengan 4 tahapan analisis yaitu analisis karakteristik pengguna parkir, analisis pola perilaku pengguna parkir dengan metode delphi, analisis perilaku pengunjung Jalan Pandanaran dalam memilih lokasi parkir dan analisis kinerja gedung parkir bersama. Pola perilaku pengguna parkir dilihat berdasarkan variabel perilaku yang terdiri dari 5 indikator dan variabel aksesibilitas parkir yang terdiri dari 6 indikator yang dilakukan dengan analisis karakteristik pengguna parkir, analisis variabel perilaku dan variabel aksesibilitas menggunakan metode delphi. Kemudian dari kedua analisis tersebut dirumuskan dari masing-masing indikator sudah efektif atau belum dan dibuktikan dengan observasi langsung. Hasil kuesioner delphi didapatkan semua responden setuju dan sepakat terhadap kedua variabel dan 11 indikator merupakan faktor penyebab keefektifan gedung parkir bersama. Hasil kuesioner pengguna parkir 65% pengguna parkir di bahu jalan yang tidak resmi. Indikator yang dikatakan tidak efektif keberadaan gedung parkir dilihat berdasarkan variabel perilaku terdapat waktu operasional parkir, tarif parkir, lokasi parkir, jarak lokasi parkir sedangkan pada variabel aksesibilitas terdapat ketersediaan, keamanan, kenyamanan, kemudahan dan dekat lokasi tujuan. Sedangkan untuk dikatakan efektif keberadaan gedung parkir dapat dilihat berdasarkan variabel aksesibilitas terdapat teduh dan keamanan. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa dalam kegiatan belanja yang dilakukan oleh pengunjung Jalan Pandanaran, para pengunjung tidak menghabiskan waktunya >1 jam karena Jalan Pandanaran bukanlah tempat wisata. Mereka hanya menghabiskan waktu <1 jam untuk parkir dan parkir di bahu jalan karena sesuai dengan waktu yang akan mereka perkirakan yaitu tidak lama. Kebijakan yang mengatur pengunjung untuk parkir di gedung parkir tidak ada. Oleh karena itu, dalam mengoperasikan gedung parkir pemerintah seharusnya perlu penyelarasan antara penegak hukum dan masyarakat serta lokasi parkir sesuai dengan jarak menuju lokasi tujuan mereka. Kata Kunci: Parkir, Gedung Parkir, Perilaku, Aksesibilitas, Delphi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 07:28
Last Modified: 15 May 2023 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28414

Actions (login required)

View Item View Item