Meilinia, Dinda Monica (2023) BENTUK KONSERVASI MANGROVE BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DUSUN TAPAK KECAMATAN TUGU, KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
|
Text
31201800013_fullpdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pada Kawasan Pesisir Dusun Tapak terdapat ekosistem mangrove yang memiliki fungsi untuk mengurangi abrasi pantai serta dapt menyaring air sungai di sekitar Dusun Tapak. Akan tetapi pada saat ini ekosistem mengalami pengurangan dalam luasannya. Hal ini diakibatkan beberapa isu strategis yang terjadi di Dusun Tapak. Sehingga Komunitas lingkungan “Prenjak” maupun lembaga-lembaga tersebut melakukan kegiatan konservasi mangrove berbasis masyarakat. Guna mengatasi permasalahan tersebut. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk Konservasi berbasis Pemberdayaan masyarakat yang diterapkan di Dusun Tapak. Pada penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Rasionalistik dengan cara pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dokumentasi serta melakukan kajian teori terhadap kondisi eksisting. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa bentuk konservasi mangrove di Dusun Tapak berupa beberapa “aksi” seperti Reboisasi/penghijauan, pelestarian, dan penambahan nilai (valueisasi). Pada beberapa aksi tersebut Komuitas Prenjak dan lembaga lainnya melibatkan masyarakat agar muncullah sifat kemandirian dalam konservasi maupun menjaga kelestarian mangrove Dusun Tapak. Kata Kunci : Bentuk, Konservasi, Mangrove, Aksi, Pemberdayaan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2023 07:01 |
Last Modified: | 15 May 2023 07:01 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28410 |
Actions (login required)
View Item |