KEBERTAHANAN MASYARAKAT TERHADAP BENCANA ROB (STUDI KASUS DUSUN SIMONET DESA SEMUT KECAMATAN WONOKERTO KABUPATEN PEKALONGAN)

SAID, SALIM (2023) KEBERTAHANAN MASYARAKAT TERHADAP BENCANA ROB (STUDI KASUS DUSUN SIMONET DESA SEMUT KECAMATAN WONOKERTO KABUPATEN PEKALONGAN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
31201700051_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dusun Semut merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Pekalongan yang mengalami bencana banjir rob. Meskipun demikian masyarakat di wilayah ini memilih untuk bertahan pada tempat tinggal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kawasan yang terdampak bencana rob, faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tetap bertahan, dan bentuk kebertahanan masyarakat dalam menghadapi bencana rob dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Diperoleh hasil penelitian bahwa seluruh wilayah Dusun Simoet tergenang air laut dengan frekuensi genangan dipengaruhi oleh siklus musim dan terjadi sesuai dengan irama pasang-surut air laut. Selain itu, kebertahanan masyarakat Dusun Simonet dipengaruhi oleh faktor kebertahanan sosial, ekonomi, dan infrastuktur dan perumahan, serta lingkungan. Bentuk kebertahanan masyarakat Dusun Simonet dalam menghadapi bencana rob yaitu membuat tanggul didepan pintu rumah, meninggikan lantai rumah, menaikkan barang ke tempat yang lebih tinggi, kerja bakti, mengungsi, serta mencari mata pencaharian tambahan. Kata Kunci: Bencana, Kebertahanan, Masyarakat, Rob

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2023 07:08
Last Modified: 16 May 2023 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28401

Actions (login required)

View Item View Item