INISIASI DESA WISATA BERBASIS PLACE BRANDING (Lokasi Studi: Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kab. Semarang)

Nugroho, Septian Rico Adhi (2022) INISIASI DESA WISATA BERBASIS PLACE BRANDING (Lokasi Studi: Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kab. Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
31201600891_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Place branding merupakan usaha merubah atau memberikan persepsi ke seseorang terhadap suatu tempat atau tujuan termasuk melihat perbedaan yang unik suatu tempat dengan lainnya untuk dipilih sebagai tujuan layaknya memberi sebuah branding pada suatu lokasi. Tujuan dari place branding yaitu untuk memaksimalkan potensi wilayah agar dapat meningkatkan kunjungan (wisata maupun bisnis) sehingga dapat meningkatkan perekonomian wilayah. Pada intinya, place branding memiliki tujuan agar identitas wilayah lebih menonjol dan lebih menarik bagi calon wisatawan atau pengunjung. Keputusan berkunjung wisatawan itu sendiri tidak lepas dari suatu faktor dalam place branding sehingga memunculkan keputusan untuk berkunjung ke suatu tempat (produsen), berarti orang yang bersangkutan yaitu wisatawan (konsumen) telah melakukan keputusan pembelian untuk menikmati segala fasilitas dari tempat tersebut sehingga pengembangan desa wisata hingga dapat dikenal luas tidaklah lepas dari suatu place branding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakterisktik unik Place branding yang berupa kekuatan unggul yang menjadi daya tarik tersendiri yang berperan dalam penegembangan desa wisata. Metode yang digunakan di penelitian ini yaitu metode deduktif kualitatif rasionalistik. Lalu untuk teori yang digunakan adalah teori komponen desa wisata dan teori kharakteristik place branding, dengan parameter komponen desa wisata berupa akomodasi serta amenitas, atraksi, suasana desa wisata. Sedangkan parameter place branding mencakup presence, purpose, pace, personality dan power. Hasil dari penelitian ini adalah berupa untuk mengetahui komponen desa wisata, kharakteristik place branding di desa wisata sampai analisis bagian mana kharakteristik place branding yang paling berberan dalam berjalannya desa wisata Kata kunci : komponen desa wisata, place branding, kharaktirstik paling berperan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2023 07:35
Last Modified: 16 May 2023 07:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28396

Actions (login required)

View Item View Item