PENGARUH METODE SAKAMOTO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Ro’ida Azalia, Nuha (2023) PENGARUH METODE SAKAMOTO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700017_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian mix method dengan desain explanatory sequential design. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 32 siswa kelas VII C SMP N 1 Brangsong. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dengan 4 soal uraian materi aritmatika sosial, angket respon siswa dan guru, lembar wawancara siswa dan guru. Teknik analisis data awal menggunakan uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil angket respon siswa dan guru terhadap penerapan metode pembelajaran sakamoto sebesar 3,92 menunjukkan bahwa memiliki kategori tinggi. Uji hipotesis menggunakan One Sample T-Test dan Paired T-Test. Analisis dari perhitungan uji hipotesis One Sample T-Test diperoleh nilai mean ialah 89,00 > 75 artinya hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai KKM. Uji hipotesis Paired Sample T-Test diperoleh nilai pretest sebesar 75,84 sedangkan posttest sebesar 89,00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai postest > nilai pretest. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi lebih baik setelah diberlakukannya metode pembelajaran sakamoto pada materi aritmatika sosial. Data yang telah diperoleh diperjelas dengan dilakukannya wawancara kepada perwakilan siswa dan guru dalam merespon penerapan metode pembelajaran sakamoto. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Metode Sakamoto efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini diharapkan sanggup memberikan manfaat dan referensi bagi penelitian berikutnya. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Sakamoto, dan Aritmatika Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 04:25
Last Modified: 15 May 2023 04:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item View Item