PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Semarang)

Priambodo, Galang (2023) PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401900369_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Manajemen_30401900369_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan kepuasan kerja sebagai variabel intervening untuk menguji bagaimana employee engagement dan budaya organisasi mempengaruhi kinerja karyawan studi pada (Tenaga Kependidikan) di Universitas Muhammadiyah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah employee engagement berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, apakah budaya organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, apakah employee engagement berpengaruh terhadap kinerja karyawan, apakah variabel budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dan apakah employee engagement dan budaya organisasi melalui kepuasan kerja mempengaruhi kinerja karyawan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 karyawan (Tenaga Kependidikan) Universitas Muhammadiyah Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan berbentuk kuesioner. Teknik analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini, diantaranya uji T, uji F, analisis regresi berganda, dan analisis jalur. Analisis data yang digunakan yaitu IBM SPSS Statistics Versi 29.0.0.0 (241). Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel employee engagement terhadap kepuasan kerja, terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel budaya organisasi terhadap kepuasan kerja, selain itu variabel employee engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan pengujian selanjutnya variabel employee engagement dan budaya organisasi melalui kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung. Kata Kunci: Employee Engagement, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 04:18
Last Modified: 15 May 2023 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28392

Actions (login required)

View Item View Item