ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS XII DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT FUNGSI BERDASARKAN KRITERIA WATSON

Ari Safitri, Ika (2023) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS XII DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT FUNGSI BERDASARKAN KRITERIA WATSON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700011_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700011_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal limit fungsi. Yang mana masih banyak peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi limit fungsi. Oleh karena itu peneliti melaksanakan penelitian ini dengan tujuan: (1) untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik berdasarkan kriteria Watson. (2) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan. Subjek penelitian yang digunakan adalah 30 peserta didik kelas XII. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode campuran kualitatif kuantitatif. Desain kualitatif kuantitatif pada penelitian ini dilakukan dengan cara studi kasus. Yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif individu atau kelompok yang dipandang memiliki kasus tertentu dan mengungkapkan penyebab kasus itu terjadi (Siti, 2017). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari 8 kesalahan menurut kriteria Watson peserta didik yang melakukan kesalahan paling banyak pada kesalahan penyajian prosedur data yang tidak tepat (inappropriate Procedure/ IP) dan kesalahan menghilangkan kesimpulan (omitted conclusion/ OC). Sedangkan kesalahan yang paling sedikit adalah kesalahan penyajian data yang tidak tepat (inappropriate data/ ID). Dan hasil selanjutnya adalah faktor yang menjadi penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal limit fungsi meliputi faktor kebiasaan dan sikap yang salah dari peserta didik, faktor keterampilan dan pengetahuan dasar yang kurang dimiliki peserta didik, serta faktor kelemahan emosional yang dimiliki peserta didik. Kata Kunci : Kesalahan peserta didik, Limit fungsi, Watson

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 07:11
Last Modified: 15 May 2023 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28391

Actions (login required)

View Item View Item