PENGEMBANGAN BAHAN AJAR Si-PELITA BERBASIS SSCS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Khoirun Nisa, Anna (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR Si-PELITA BERBASIS SSCS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700002_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700002_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Kata Kunci : Bahan Ajar Si-PELITA, SSCS, Komunkasi Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan Bahan Ajar Si-PELITA berbasis SSCS dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Alasannya karena berdasarkan kondisi yang ada yaitu siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan mengomunikasikan hasil penyelesaian masalah dalam soal cerita SPLTV. Buku pembelajaran yang digunakan hanya berpacu pada buku pemerintah saja yang didalamnya masih cenderung kurang fleksibel, materi dalam buku yang digunakan semakin ringkas, selain itu banyak tulia soal cerita yang disajikan membuat siswa mdah bosan dan malas membaca. Karena kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa berdampak pada kasus siswa kesulitan dalam menentukan atau mengkonstruksikan penyelesaian masalah pada soal cerita. Selain itu, siswa kesulitan dalam menggunakan strategi untuk memecahkan beberapa masalah kemudian mengomunikasikan penyelesaian masalah baik secara tulisan maupun pemodelan matematika. Jenis penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Four-D dari Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop dan Dessiminate. Pada penelitian pengembangan bahan ajar Si-PELITA berbasis SSCS hanya menggunakan model 4-D sampai pada tahap Define, Design dan Develop. Prosedur penelitian produk dilakukan dengan uji validasi (ahli media dan guru matematika), analisis kepraktisan dan analisis efektifitas. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data terdiri dari test (pretest dan posttest), lembar validasi ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Pada penelitian ini, berdasarkan pengumpulan data dan informasi dilapangan, bahan ajar Si-PELITA berbasis SSCS memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata sebesar 3,30 (sangat layak) digunakan berdasarkan penilaian dari validator. Hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata sebesar 3,00 (sangat baik) digunakan ditinjau dari penilaian angket respon guru dan 2,82 (baik) digunakan ditinjau dari penilaian agket respon siswa. Hasil uji efektifitas diperoleh ratarata sebesar 80,11 ditinjau dari nilai posttest siswa yang mengalami peningkatan dan efektif digunakan pada uji lapangan yang dilakukan oleh siswa kelas XI MA Raudlatusy Syubban Sekarjalak Margoyoso Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 04:18
Last Modified: 15 May 2023 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28382

Actions (login required)

View Item View Item