Peran Pemulihan Layanan dan Keamanan Transaksi Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada E-Commerce (Survei Pada Pelanggan Shopee dan Tokopedia di Jawa Tengah)

Puti, Melisa Eka (2023) Peran Pemulihan Layanan dan Keamanan Transaksi Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada E-Commerce (Survei Pada Pelanggan Shopee dan Tokopedia di Jawa Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401900376_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30401900376_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengetahui hipotesis penelitian serta menjelaskan pengaruh dari pemulihan layanan dan keamanan transaksi terhadap kepuasan konsumen melalui intervening kepercayaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan kuesioner dengan pengukuran semantik diferential dengan 5 poin skala. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana peneliti memilih sampel secara sengaja dan menetapkan ketentuan –ketentuan khusus sesuai dengan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah berbelanja online di Shopee atau Tokopedia di Jawa Tengah dan berumur minimal 18 tahun sebanyak 100 responden. Hasil menunjukan bahwa pemulihan layanan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, terdapat pengaruh positif dan signifikan keamanan transaksi terhadap kepercayaan, terdapat pengaruh positif dan signifikan pemulihan layanan terhadap kepuasaan konsumen, terdapat pengaruh positif dan signifikan keamanan transaksi terhadap kepuasan konsumen, terdapat nilai signifikan terhadap kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Hasil dari sobel test menunjukkan bahwa variabel kepercayaan menjadi variabel intervening antara pemulihan layanan dan kepuasan pelanggan dan variabel kepercayaan menjadi variabel intervening antara keamanan transaksi dan kepuasan pelanggan. Kata Kunci : E-commerce, Pemulihan Layanan, Keamanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 07:01
Last Modified: 15 May 2023 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28379

Actions (login required)

View Item View Item