THE IMPACT OF USING PODCAST AS A MEDIUM TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL (Quasi Experimental Research on the 10 th Graders of SMK SBI Grobogan in the Academic Year 2022/2023)

ANNIDA HIDAYAH, ISNA (2023) THE IMPACT OF USING PODCAST AS A MEDIUM TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL (Quasi Experimental Research on the 10 th Graders of SMK SBI Grobogan in the Academic Year 2022/2023). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800018_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah benar atau tidak podcast efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 10 SMK SBI Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan metodologi yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK SBI Grobogan, dan sampel penelitian ini terdiri dari 29 siswa X TKJ A sebagai kelas Eksperimen, dan 29 siswa X TKJ B sebagai kelas kontrol. Validitas isi digunakan dalam penelitian ini. Validasi dilakukan dengan meminta guru bahasa Inggris dan dosen menjadi expert judgment untuk memvalidasi instrumen. Penelitian ini juga menggunakan rumus Cronbach Alpha untuk mengukur reliabilitas. SPSS 25 digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data tes berbicara. Tes berbicara digunakan sebagai alat pengumpulan data penelitian ini. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai rata-rata pre- test kelas eksperimen adalah 60,41 dan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 62,75. Setelah mendapatkan perlakuan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 77,37 dibandingkan dengan nilai kelas kontrol adalah 71,72. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang cukup signifikansi. Rumus t-test digunakan untuk menilai data. Hasil uji Independent sample post-test adalah 0,010 <0,05 (2-tailed). Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Oleh karena itu, hasil analisis efektif sebagai media untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara mereka. Kata kunci: Podcast, Berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 07:06
Last Modified: 15 May 2023 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28369

Actions (login required)

View Item View Item