ANALISA TINGKAT KENYAMANAN JALUR PEDESTRIAN BERDASARKAN PENGGUNA DI PENGGAL JALAN PEMUDA SEMARANG (Studi Kasus Dari Jalan Perempatan Pasar Johar sampai dengan Jalan Perempatan Mall Paragon)

Harudin, Hajrul Ahmad (2023) ANALISA TINGKAT KENYAMANAN JALUR PEDESTRIAN BERDASARKAN PENGGUNA DI PENGGAL JALAN PEMUDA SEMARANG (Studi Kasus Dari Jalan Perempatan Pasar Johar sampai dengan Jalan Perempatan Mall Paragon). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
31201600830_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan pembangunan di perkotaan Indonesia dari kegiatan manusia sangat besar dirasakan. Perkembangan tersebut berkesinambungan sehingga tuntutan penyediaan sarana dan prasarana agar memudahkan kegiatan masyarakat. Pencapaian kemudahan aksesibilitas kawasan perkotaan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Aksesbilitas bukan hanya dilakukan oleh pengendara kendaraan akan tetapi tidak luput dari pejalan kaki. Jalur pedestrian merupakan tempat khusus untuk pejalan kaki karena merupakan tempat yang terpisah dari jalur kendaraan. Prioritas pembangunan jalur pedestrian ialah memberikan kenyamanan kepada pejalan kaki dikarenakan inilah bentuk pelayanan terhadap pejalan kaki. Jalan Pemuda merupakan salah satu jalan istimewa di kota Semarang. Jalan yang menghubungkan jalan penting sehingga bangunan perdagangan dan jasa terbangun di sepanjang jalan Pemuda. Berdirinya bangunan perdagangan dan jasa menyebabkan banyak aktivitas berlangsung, terutama mereka yang berjalan kaki dikarenakan terdapat bangunan perdagangan dan jasa. Jalur pedestrian khususnya di penggal jalan Pemuda mengalami beberapa masalah terkait dengan kenyamanan untuk pejalan kaki. Jalur pedestrian yang mengalami kerusakan, banyaknya PKL yang membuat sirkulasi terhambat dan perkerasan yang digunakan jalur pejalan kaki membuat efek licin. Jalur pedestrian juga tidak di lengkapi dengan adanya fasilitas pendukung pejalan kaki. Kata Kunci: Pedestrian, Tingkat Kenyamanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 07:26
Last Modified: 15 May 2023 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28357

Actions (login required)

View Item View Item