PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN SOCIAL SUPPORT TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DENGAN NEED FOR ACHIEVEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Fakultas Ekonomi UNISSULA)

Putri, Salsabiela Amanda (2023) PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN SOCIAL SUPPORT TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DENGAN NEED FOR ACHIEVEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Fakultas Ekonomi UNISSULA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30402100298_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30402100298_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internal locus of control dan social support terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan need for achievement sebagai variabel intervening (studi pada Fakultas Ekonomi UNISSULA). Banyak sekali pengangguran lulusan sarjana di Indonesia. Hal ini terjadi karena sempitnya lapangan pekerjaan sedangkan banyak lulusan sarjana baru setiap tahunnya. Generasi muda banyak yang lebih memilih untuk bekerja di perkantoran atau pekerjaan formal. Dengan pertimbangan bekerja di perkantoran atau pekerjaan formal tidak memerlukan modal dan mendapat gaji tetap setiap bulannya. Beberapa orang juga mempertimbangkan dana pensiun. Namun, salah satu cara mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia yaitu dengan meningkatkan jiwa berwirausaha masyarakat. Dengan berwirausaha, akan ada banyak lapangan pekerjaan baru. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa di Fakultas Ekonomi UNISSULA. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan menggunakan rumus solvin untuk menentukan jumlah sampel yaitu sebanyak 175 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Analisis data menggunakan uji path dan uji sobel. Uji path dan uji sobel menunjukkan bahwa internal locus of control dan need for achievement berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa di Fakultas Ekonomi UNISSULA. Sedangkan social support berpengaruh namun tidak signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa di Fakultas Ekonomi UNISSULA. Kata kunci : internal locus of control, social support, need for achievement, minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 07:16
Last Modified: 15 May 2023 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28346

Actions (login required)

View Item View Item