Pembinaan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Masyarakat Di Kabupaten Rembang

Permana, Vega Putry (2015) Pembinaan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Masyarakat Di Kabupaten Rembang. Masters thesis, Fakultas Hukum Unissula.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami Pembinaan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Masyarakat Di Kabupaten Rembang; untuk mengetahui dan memahami kendala-kendala dalam Pembinaan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Masyarakat Di Kabupaten Rembang; dan untuk mengetahui dan memahami upaya yang ditempuh Pemerintah Kabupaten Rembang untuk mengatasi kendala-kendala Pembinaan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Masyarakat Di Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian metode pendekatan socio legal research, artinya tidak hanya meninjau suatu permasalahan dari peraturan perundang-undangan saja, tetapi juga kenyataan yang terjadi dalam masyarakat kaitannya dengan permasalahan yang dibahas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-analitis yaitu prosedur pemecahan masalah diselidiki secara rasional melalui perenungan atau pemikiran terarah, mendalam dan mendasar tentang obyek yang diteliti dalam bentuk analisis sistematik berdasarkan pola induktif, dengan maksud menggambarkan segala sesuatu berkaitan dengan Pembinaan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Masyarakat Di Kabupaten Rembang. Dari hasil penelitian diperoleh kenyataan bahwa sistem pembinaan dilaksanakan dengan perpaduan antara sistem karier dan sistem prestasi kerja. Kendala yang dihadapi menunjukkan belum adanya pendelegasian wewenang dalam perundangan dan masih selalu berubahnya peraturan kepegawaian, apalagi masyarakat masih terlalu lemah dalam memandangan perubahan paradigma pelayanan birokrasi, hal ini adanya sikap apriori masyarakat yang menganggap birokrasi sarat dengana Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta berbelit-belit. Sehingga upaya yang ditempuh adalah melakukan koordinasi antar departemen, juga diadakannya sosialisasi kepada semua pegawai apabila terjadi pergantian peraturan perundangan. Disamping itu sebagai alternatif adanya pembinaan sistem karier dan sistem prestasi kerja diadakan pengayaan pada jabatan fungsional, sedangkan pemahaman kepada masyarakat digunakan media sebagai sarana membuka kran komunikasi dengan masyarakat. Melalui analisis masalah dan berbagai bentuk upaya yang diterapkan dalam menghadapi kendala pemberian pelayanan kepada masyarakat, maka disimpulkan bahwa dalam masa mendatang para Pegawai Negeri Sipil Daerah di Kabupaten Rembang dapat membangun pemerintahan yang baik dan penuh tanggung jawab, hal ini sejalan dengan tuntutan zaman bahwa birokrasi akan selalu profesional mengingat dengan lahirnya lembaga KPK (Komisi Pemberantas Korupsi) akan membatasi gerak penyimpangan birokrasi. Kata kunci : Disiplin Kerja, Pegawai Negeri Sipil, dan Pelayanan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 09 Feb 2016 01:24
Last Modified: 09 Feb 2016 01:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item