PERAN ORGANISASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA KANDRI (Lokasi Studi : Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang)

Fajrin, Muhammad (2022) PERAN ORGANISASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA KANDRI (Lokasi Studi : Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
31201500724_fullpdf.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kelurahan Kandri terletak di kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang dengan luas wilayah 319.640 Ha. Desa Wisata Kandri menekankan pada wisata pendidikan, budaya dan alam yang dikembangkan oleh Masyarakat Desa Kandri di bawah pimpinan Pengurus. Potensi Desa Wisata Kandri akan dikembangkan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kelestarian dan kecintaan terhadap alam, budaya dan adat istiadat bagi pengunjung Desa Wisata Kandri. Salah satu cara untuk memperkuat potensi desa wisata Kandri adalah dengan terlibat dengan masyarakat Kandri itu sendiri. Partisipasi sebagai partisipasi spontan, disertai tanggung jawab dan kesadaran akan kepentingan kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Partisipasi masyarakat diperlukan untuk mengembangkan desa wisata Kandri. Hambatan pengembangan desa wisata Kandri adalah masih banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya keterlibatan dalam pengembangan desa wisata, kurangnya peran masyarakat dalam kegiatan edukasi dan promosi wisata sendiri, serta minimnya sumber daya manusia yang menyebabkan Pokdarwis kesulitan harus memandu wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Kandri. Besarnya keterlibatan masyarakat ditandai dengan kegiatan desa seperti Nyadran Kali, Gedong Lesung, serta Pelatihan Desa berkaitan dengan partisipasi masyarakat setempat. Kata kunci : desa wisata, pengembangan, organisasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2023 04:21
Last Modified: 15 May 2023 04:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28338

Actions (login required)

View Item View Item