THE EFFECTIVENESS OF VIDEO THE EFFECTIVENESS OF VIDEO VLOGGING AS MEDIA LOGGING AS MEDIA TO IMPROVE STUDENTS TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS SPEAKING SKILLS th (A Case of the 1 (A Case of the 11 Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 S 1 Semarang)

RIYANTO SETIANA, DEVIKA (2023) THE EFFECTIVENESS OF VIDEO THE EFFECTIVENESS OF VIDEO VLOGGING AS MEDIA LOGGING AS MEDIA TO IMPROVE STUDENTS TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS SPEAKING SKILLS th (A Case of the 1 (A Case of the 11 Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 S 1 Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800010_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan video vlogging efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, dan sampel penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas Eksperimen, dan 32 siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Validitas isi digunakan dalam penelitian ini. Validasi dilakukan dengan meminta guru bahasa Inggris dan dosen menjadi expert judgment untuk memvalidasi instrumen menggunakan rubrik validasi. Untuk mengukur reliabilitas penelitian ini digunakan rumus Cronbach Alpha. Penelitian ini menggunakan SPSS 25 untuk menganalisis data tes berbicara melalui beberapa kegiatan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 52,65 dan kelas kontrol adalah 53,13. Setelah mendapatkan perlakuan nilai ratarata pos-test kelas eksperimen adalah 64,12 dan kelas kontrol adalah 59,25 Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Data dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Hasil uji Independent Sample post-test bahwa Sig. (2-tailed) adalah 0,024<0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis, berarti penggunaan video vlogging efektif sebagai media untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kata kunci: Video vlogging, Berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 07:17
Last Modified: 11 May 2023 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28336

Actions (login required)

View Item View Item