GAYA BAHASA SATIRE DALAM KONTEN SOMASI PADA KANAL YOUTUBE DEDDY CORBUZIER EDISI MEI 2022 DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT SMA FASE E

Nur Faqih, Royhan (2023) GAYA BAHASA SATIRE DALAM KONTEN SOMASI PADA KANAL YOUTUBE DEDDY CORBUZIER EDISI MEI 2022 DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT SMA FASE E. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101900023_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101900023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Gaya bahasa satire yang dituturkan oleh bintang tamu dalam konten SOMASI pada kanal YouTube Deddy Corbuzier sangat menarik untuk diteliti. Dari banyaknya bintang tamu yang didatangkan, masing-masing membawakan materi yang beragam. Dalam penelitian ini menganalisis 6 video dalam kanal YouTube tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskrptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan jenis gaya bahasa satire yang dituturkan bintang tamu dalam konten SOMASI pada kanal YouTube Deddy Corbuzier. (2) Mendeskripsikan makna gaya bahasa satire yang dituturkan bintang tamu dalam konten SOMASI pada kanal YouTube Deddy Corbuzier. (3) Mendeskripsikan relevansi gaya bahasa satire yang dituturkan bintang tamu dalam konten SOMASI pada kanal YouTube Deddy Corbuzier terhadap pembelajaran menulis teks anekdot di SMA pada fase E. Dalam penelitian ini data yang diperoleh merupakan jenis kalimat satire berjumlah 37, yang terdiri dari 13 satire berjenis horatian, kemudian 24 satire berjenis juvenalian. Dari 37 gaya bahasa satire yang ditemukan, makna dari gaya bahasa satire tersebut sangat bermacam-macam, di antaranya yaitu, tentang politik, kepercayaan, suku, daerah, jabatan, kehidupan bermasyarakat, dan instansi. Dari alanisis data tersebut, konten SOMASI relevan apabila digunakan sebagai rujukan pembuatan bahan atau media ajar dalam pembelajaran menulis teks anekdot SMA fase E.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 02:49
Last Modified: 11 May 2023 02:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28331

Actions (login required)

View Item View Item