INTERAKSI SOSIAL ANTARTOKOH DALAM NOVEL THE PRIVILEGED ONES KARYA MUTIARINI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Choirina, Risma (2023) INTERAKSI SOSIAL ANTARTOKOH DALAM NOVEL THE PRIVILEGED ONES KARYA MUTIARINI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101900021_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101900021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai interaksi sosial antartokoh dalam novel The Privileged Ones karya Mutiarini dan relevansinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan bentuk-bentuk interaksi sosial dalam novel The Privilege Ones karya Mutiarini, 2) mendeskripsikan relevansi interaksi sosial dalam novel The Privilege Ones karya Mutiarini dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan objek novel berjudul The Privileged Ones. Bentuk-bentuk interaksi sosial menurut Soekanto (2015) dibagi menjadi 3 yaitu, kerja sama (cooperation), persaingan (competition), dan pertikaian atau pertentangan (conflict). Data dalam penelitian ini berupa berupa kata, tuturan, kalimat, maupun kutipan yang termasuk dalam bentuk interaksi sosial. Secara keseluruan ditemukan sebanyak 60 data interaksi sosial yang kemudian diklasifikasikan menjadi 3 bagian diantaranya, kerja sama 20 data, persaingan 10 data, dan pertikaian 20 data. Dari analisis data tersebut, penelitian ini relevan dengan pembelajaran sastra di SMA kelas XII dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Menulis teks refleksi dari novel indonesia yang dibaca dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 07:08
Last Modified: 11 May 2023 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28330

Actions (login required)

View Item View Item