KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA AYAHKU PULANG KARYA USMAR ISMAIL DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DRAMA SMA KELAS X

Putri Ziana, Elisa (2023) KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA AYAHKU PULANG KARYA USMAR ISMAIL DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DRAMA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101900007_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101900007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)

Abstract

Sastra dan masyarakat adalah dua hal yang saling berhubungan dalam kehidupan nyata. Karya sastra merupakan permusyawaratan berdasarkan kondisi masyarakat, walaupun tidak semua cerita dalam karya sastra sesuai dengan kehidupan nyata, namun ada pula karya sastra yang lahir dari kehidupan nyata. Tema mengnai kritik sosial pada naskah drama “Ayahku Pulang” karya usmar Ismail merupakan bentuk sarana rekreatif dan media edukatif penyampai pesan moral menanggapi fenomena dalam realita kehidupan saat ini, sehingga sangat menarik untuk dibahas, naskah drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail merupakan salah satu naskah drama yang kepopulerannya tak pernah menurun, karena maskah drama ini menceritakan kehidupan nyata yang sampai saat ini kerap terjadi dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk kritik sosial yang terdapat dalam naskah drama Ayahku pulang karya Usmar ismail dan relevansi bentuk-bentuk kritik sosial tersebut dalam pembelajaran bahasa Indonesia terkhusus pada materi drama SMA kelas X. Analisis kritik sosial digali melalui teori Soekanto yang mengemukakan permasalahan sosial dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, atau lisan terhadap individu dan perilaku yang diamati, sumber data berasal dari naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail, dengan jumlah halaman yakni 18 halaman. Data yang dikumpulkan adalah kata, frase, kalimat dan paragraf yang mengandung bentuk kritik sosial. Teknik yang digunakan adalah teknik simak, dilanjutkan dengan teknik catat. Setelah semua data terkumpul, proses selanjutnya adalah analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, kemudian verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengandung 9 bentuk permasalahan sosial yang dikritik sehingga ditemukan sejumlah 50 data yakni masalah kemiskinan berjumlah 12 temuan data, masalah kejahatan berjumlah 9 temuan data, masalah disorganisasi keluarga berjumlah 13 temuan data, bentuk masalah generasi muda dalam masyarakat modern berjumlah 2 temuan data, masalah peperangan berjumlah 3 temuan data, masalah kependudukan berjumlah 2 temuan data, masalah lingkungan hidup berjumlah 7 temuan data, dan tidak ditemukan data pada masalah birokrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 07:26
Last Modified: 11 May 2023 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28328

Actions (login required)

View Item View Item