DISFEMISME PADA BERITA PENDIDIKAN SURAT KABAR ONLINE REPUBLIKA EDISI JULI - SEPTEMBER 2022 SERTA RELEVANSINYA PADA MATERI PEMBELAJARAN FAKTA DAN OPINI DALAM ARTIKEL KELAS XII SMA/MA/SMK

QUROTUL A’YUN, INSIYA (2023) DISFEMISME PADA BERITA PENDIDIKAN SURAT KABAR ONLINE REPUBLIKA EDISI JULI - SEPTEMBER 2022 SERTA RELEVANSINYA PADA MATERI PEMBELAJARAN FAKTA DAN OPINI DALAM ARTIKEL KELAS XII SMA/MA/SMK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101600249_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101600249_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk disfemisme yang terdapat pada penulisan berita pendidikan surat kabar online Republika edisi Juli - September 2022, mengetahui makna konotatif dan denotatif dari bentuk-bentuk disfemisme yang terdapat pada berita pendidikan surat kabar online Republika edisi Juli - September 2022, tujuan penggunaan disfemisme pada penulisan berita Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak dan catat. Penelitian dilakukan dengan menyimak dan mencatat kembali dokumen berupa artikel berita pendidikan. Sumber data penelitian ini adalah berita pendidikan surat kabar online Republika. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada berita pendidikan surat kabar online Republika diperoleh data sebanyak 72 data yang terbagi dari 34 kata dasar dan 38 kata berimbuhan yang keseluruhan data tersebut memiliki makna konotatif dan makna denotatif dan tujuan penggunaan disfemisme pada penulisan berita. Penelitian ini memiliki relevansi terhadap materi pembelajaran KD 3.9 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca. Salah satu kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah mengkritisi masalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel. Bentuk dan makna disfemisme yang didapat, bisa digunakan guru sebagai materi mengenai aspek kebahasaan dalam artikel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 02:48
Last Modified: 11 May 2023 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28320

Actions (login required)

View Item View Item