NILAI MORAL DALAM NOVEL TUHAN MAHA ROMANTIS KARYA NURUN ALA SEBAGAI MATERI AJAR PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SMA KELAS XI

Lakumal Kibriya, Aqim (2023) NILAI MORAL DALAM NOVEL TUHAN MAHA ROMANTIS KARYA NURUN ALA SEBAGAI MATERI AJAR PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101600240_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101600240_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya nilai moral dalam dunia pendidikan yaitu untuk membangun karakter siswa. Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempegnaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara kuat dalam kehidupan masyarakat. Kaitannya pada pembelajaran sastra di SMA pemilihan bahan ajar khususnya novel sangat diperlukan. Data yang dipergunakan peneliti berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang terdapat dari unsur nilai moral yang terdapat pada novel Tuhan Maha Romantis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun untuk pendekatan menggunakan pendekatan moral. Dalam penelitian ini diperoleh dari kutipan-kuktipan novel yang terdapat dalam novel Tuhan Mahan Romantis dengan jumlah keseluruhan data yang dikumpulkan sebanyak 17 data. Hasil analisis nilai moral dalam novel Tuhan Maha Romantis adalah yang meliputi: 1) tanggung jawab, 2) hormat, 3) gigih, 4) mandiri, 5) rasa kasih sayang, 6) suka menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 07:25
Last Modified: 11 May 2023 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28319

Actions (login required)

View Item View Item