NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL MEREKA BILANG AKU KEMLINTHI KARYA HANIFA VIDYA

Rahmawati, Alfi (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL MEREKA BILANG AKU KEMLINTHI KARYA HANIFA VIDYA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101600238_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101600238_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Nilai pendidikan adalah jenis nilai yang terdapat dalam sebuah objek kajian, dalam hal ini novel sebagai suatu karya sastra yang dapat memberikan dampak positif dan nilai yang luhur kepada setiap pembaca karya sastra. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menjelaskan wujud nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Mereka Bilang Aku Kemlinthi karya Hanifa Vidya. Serta mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi nilai pendidikan dalam novel Mereka Bilang Aku Kemlinthi karya Hanifa Vidya terhadap pembelajaran SMA kelas X . Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti dalam menganalisis novel Mereka Bilang Aku Kemlinthi karya Hanifa Vidya adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, didapatkan hasil simpulan bahwa dalam novel Mereka Bilang Aku Kemlinthi karya Hanifa Vidya terdapat nilai-nilai pendidikan. Nilai-nilai pendidikan memiliki empat macam yaitu nilai pendidikan religius/ketuhanan, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya. Nilai-nilai pendidikan berjumlah 69 (enam puluh sembilan) kutipan. Nilai pendidikan religius/ketuhanan yang bersumber dari kepercayaan dan keyakinan berjumlah 14 (empat belas) kutipan yaitu berupa iman kepada Allah dan Iman kepada Rasulullah. Nilai pendidikan moral yaitu segala sesuatu yang menyangkut karakter atau baik buruknya perbuatan berjumlah 40 (empat puluh) kutipan. Nilai pendidikan sosial yaitu sesuatu yang berkaitan dengan manusia satu dengan manusia lainnya berjumlah 7 (tujuh) kutipan. Sedangkan nilai pendidikan budaya merupakan konsep-konsep yang hidup di alam pikiran sebagian besar masyarakat mengenai apa yang dianggap bernilai, berharga dan penting dalam hidup berjumlah 8 (delapan) kutipan. Relevansi antara nilai pendidikan dalam Novel Mereka Bilang Aku Kemlinthi karya Hanifa Vidya terhadap pembelajaran SMA kelas X Kurikulum Merdeka yaitu pada TP (Tujuan Pembelajaran) : peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan terhadap nilai yang terkandung dalam teks narasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 07:20
Last Modified: 11 May 2023 07:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28313

Actions (login required)

View Item View Item