PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DALAM PEMBERITAAN DI PUSKAPIK.COM (Analisis Berita Kriminal Edisi 22 November 2021-September 2022)

Nur Fauziah, Sopatun (2023) PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DALAM PEMBERITAAN DI PUSKAPIK.COM (Analisis Berita Kriminal Edisi 22 November 2021-September 2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800074_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800074_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Media, teknologi, dan masyarakat bagaikan tali persaudaraan yang tidak dapat dipisahkan, banyak media berlomba dalam menggali potensi dan meningkatkan kualitas serta kuantitas pemberitaan mereka dalam memberikan informasi kepada masyarakat. akibatnya banyak ditemukan berita yang dibuat wartawan belum sesuai kode etik jurnalistik. Melalui Media Puskapik.com, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pemberitaan kriminal berdasarkan kode etik jurnalistik dengan menganalisis struktur teks berita. Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Realitas dengan metode analisis Framing Model Pan Kosichki untuk melihat bagaimana wartawan mengkonstruksi realitas dalam berita. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan paradigma konstruktivis. Data didapatkan melalui dokumentasi berita kriminal Edisi 22 November 2021- September 2022 dan beberapa sumber pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pasal 3 kode etik jurnalistik keseluruhan berita di Puskapik.com sudah sesuai. Namun peneliti masih menemukan berita yang ditulis wartawan masih belum menguji informasi, belum memberitakan secara berimbang. Kemudian pada pasal 4, dari hasil analisis yang dilakukan peneliti keseluruhan berita sudah sesuai. Akan tetapi peneliti menemukan 2 berita masih mengandung unsur sadis didalamnya, dan pada pasal 5 kode etik jurnalistik keseluruhan berita sudah sesuai, hanya ada 1 berita yang masih belum menyamarkan identitas anak yang menjadi korban kejahatan. Peran aktif Dewan Pers sangat diperlukan dalam memberikan edukasi, agar mendorong jurnalis untuk menghasilkan produk berita yang berkualitas dan sesuai etika. Kata Kunci: Analisis Framing, Berita Kriminal, Kode Etik Jurnalistik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 02:48
Last Modified: 11 May 2023 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28306

Actions (login required)

View Item View Item