HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 LARANGAN BREBES

Dianah Aisyah Putri, Nurul (2023) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 LARANGAN BREBES. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800061_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Perkembangan media sosial sudah semakin pesat, salah satunya media sosial Tiktok. Pendidikan juga mulai memanfaatkan Tiktok sebagai sarana dalam menyampaikan pembelajaran. Hal ini sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan karena tingkat intensitas penggunaan Tiktok dapat mempengaruhi perilaku belajar seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh intensitas penggunaan media sosial Tiktok terhadap prestasi belajar siswa SMAN 1 Larangan 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa SMAN 1 Larangan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X IPS berjumlah 180 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling. Menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan IBM SPSS sebagai alat bantu untuk melakukan uji data statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji hipotesis variabel intensitas pengguna media sosial tiktok diperoleh nilai signifikansi sebesar (0,323) dapat dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial Tiktok dengan prestasi belajar. Berdasarkan uji hipotesis variabel motivasi belajar diperoleh nilai signifikasi sebesar (0,000) dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Namun ada beberapa keterbatasan yang dijumpai dalam penelitian ini seperti penelitian ini dilakukan dengan fokus penelitian peserta didik pada siswa kelas X IPS dan penelitian ini hanya sebatas untuk mengetahui sejauh mana hubungan intensitas penggunaan media sosial Tiktok dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Larangan. Kata Kunci : Media Sosial Tiktok, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 07:16
Last Modified: 11 May 2023 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28301

Actions (login required)

View Item View Item