IZZUL MUTTAQIN, MUHAMMAD (2023) ANALISIS PERAN DAN RELASI DALAM JARINGAN KOMUNIKASI PERDAGANGAN EKSPOR PT DIAN ADI FURNI MENGGUNAKAN METODE COMMUNICATION NETWORK ANALYSIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Komunikasi_32801800052_fullpdf.pdf Download (32MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32801800052_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
Abstract
Lebih dari 35 tahun PT. Dian Adi Furni dengan konsisten menjual hasil produksinya ke luar negeri hingga sekarang. Konsistensi itu didapat berkat apa yang telah dilakukan oleh beberapa aktor (node) di antara aktor (node) lain dalam struktur jaringan. Ekspor merupakan salah satu komponen yang menjadi perhatian penting dalam ekonomi suatu negara. Semakin tinggi kinerja ekspor negara, semakin besar pula dampak positifnya terhadap perekonomian negara. Agar dapat terus konsisten berada di perdagangan internasional, PT. Dian Adi Furni memerlukan aktor-aktor (individu, Lembaga, perusahaan) yang bisa melakukan perannya mas1ng-masmng. d Metode penelitian ini menggunakan Communication Network Analysis (CNA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran antar-aktor dan pola relasi antar-aktor dari jaringan komunikasi perdagangan ekspor PT. Dian Adi Furni berdasarkan pengukuran sentralitas dan menentukan siapa yang lebih mendominasi pada peranan komunikasinya. Software yang digunakan untuk mengetahui mana aktor yang menjadi sentralitas dalam peranan mengelola data dan visualisasi diagram menggunakan UCINET 6.528. Hasil penelitian dari pengukuran eigenvector centrality, degree centrality, closeness centrality dan betweenness centrality atau cara yang digunakan untuk mengukur sentralitas dalam jaringan, aktor yang menjadi sentralitas dalam perannya dalam komunikasi jaringan terdapat tiga aktor, mereka adalah H. Slamet, Bapak Wawan dan Ibu Meme. Ibu Meme memiliki nilai eigenvector centrality tertinggi dengan nilai 0,441, semakin tinggi nilai menunjukkan semakin banyak interaksi yang dilakukan dengan sesama aktor. Bapak Wawan memiliki nilai degree centrality, closeness centrality dan between centrality tertinggi, yakni 10.000, 20,000 dan 69.000. nilai tersebut menunjukkan bahwa peran Pak Wawan adalah sebagai jembatan, penghubung dan pengirim/penerima informasi. Sementara H. Slamet menjadi aktor yang paling popular dan mendominasi di dalam jaringan internal perusahaan. Kata Kunci : Perdagangan Ekspor, Analisis Jaringan Komunikasi, Peran dan Pola Relasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 May 2023 03:17 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28298 |
Actions (login required)
View Item |