PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN AKUN TWITTER @moviemenfes TERHADAP KEPUASAN INFORMASI DAN KEPUTUSAN MENONTON PADA FOLLOWERS

Himawati, Hilda (2022) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN AKUN TWITTER @moviemenfes TERHADAP KEPUASAN INFORMASI DAN KEPUTUSAN MENONTON PADA FOLLOWERS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800045_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800045_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Berkembangnya teknologi yang semakin maju telah memunculkan berbagai platform digital salah satunya adalah munculnya media sosial. Media sosial menjadi media yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan informasi maupun media untuk mendapatkan hiburan. Twitter adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk berbagi informasi, ditandai dengan banyaknya akun autobase atau akun menfess yang secara khusus dibuat untuk membahas topik tertentu. Salah satunya adalah akun autobase @moviemenfes yang bisa digunakan untuk berbagi informasi seputar dunia perfilman. Temuan ini bermaksud untuk mengetahui apakah intensitas penggunaan akun twitter @moviemenfes dapat mempengaruhi kepuasan informasi dan keputusan menonton pada followers akun tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan paradigma positivis dalam metodologi surveinya. Teori Uses and Gratification digunakan pada temuan ini. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini, teknik Purpose Sampling digunakan dan menyebarkan kuesioner pada 100 responden yang diambil dari pengikut akun Twitter @moviemenfes. Uji analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Korelasi Rank Spearman dengan mengoperasikan aplikasi IBM SPSS 25 pada uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item kuesioner ditemukan valid dalam uji validitas karena r hitung > r tabel (0,195), dan semua item ditemukan dapat diandalkan dalam uji reliabilitas karena r hitung > r tabel (0,600). Pada uji analisis Korelasi Rank Spearman memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Intensitas Penggunaan Akun Twitter @moviemenfes (X) terhadap Kepuasan Informasi (Y1) dengan nilai sig. 0,003 (<0,05) dan nilai korelasi sebesar 0,299 serta terdapat pengaruh yang signifikan antara Intensitas Penggunaan Akun Twitter @moviemenfes (X) terhadap Keputusan Menonton (Y2) dengan nilai sig. 0,004 (<0,05) dan nilai korelasi sebesar 0,288. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Intensitas Penggunaan Akun Twitter @movimenfes (X) Terhadap Kepuasan Informasi (Y1) dan Keputusan Menonton (Y2) memiliki pengaruh positif dan signifikan. Kata Kunci : Intensitas Penggunaan, Kepuasan Informasi, Twitter, Keputusan Menonton

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 03:14
Last Modified: 11 May 2023 03:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28296

Actions (login required)

View Item View Item