MANA.JEMEN KONFLIK PASANGAN MENIKAH MUDA MELALUI PROSES TA'ARUF DI KOTA SEMARANG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada 3 Pasangan di Kota Semarang)

BUSSAINA ENDRASTUTI, ALIEF (2022) MANA.JEMEN KONFLIK PASANGAN MENIKAH MUDA MELALUI PROSES TA'ARUF DI KOTA SEMARANG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada 3 Pasangan di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800015_fullpdf.pdf

Download (70MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)

Abstract

Sebuah pernikahan pastinya memerlukan komunikasi agar hubungan yang terjalin antara pasangan suami istri dapat berjalan dengan baik tanpa masalah yang berarti. Karenanya, kedua belah pihak seringkali diharapkan untuk saling terbuka dan menjaga komunikasi yang baik dengan sering - sering mengobrol di saat waktu luang secara tatap muka. Hubungan suami istri menjadi sebuah hubungan yang terjalin seumur hidup dengan segala macam permasalahan datang dan pergi. Keduanya seringkali diuji dengan berbagai konflik yang memperlihatkan bagaimana pasangan suami istri tersebut menghadapi permasalahan yang datang silih berganti. Konflik seringkali muncul dengan penyebab kurangnya komunikasi diantara keduanya, maka dari itu pasangan suami dan istri perlu sering - sering mengkomunikasikan hal yang memicu kesalahpahaman diantara keduanya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengambil waktu luang keduanya untuk melakukan komunikasi lebih intens dalam mengurangi hambatan - hambatan yang terjadi diantara pasangan suami istri tersebut. Menjadikan diskusi sebagai salah satu cara paling sering digunakan pada pasangan suami istri yang terlibat dalam suatu konflik diantara keduanya, bahkan tak jarang pula salah satu diantaranya memilih untuk mengalah dengan meredam amarah disaat pihak lainnya sudah menggebu - gebu dalam penyelesaian konflik tersebut. Sejatinya komunikasi menjadi sebuah konflik apabila terjadi hambatan diantara komunikan dan komunikator dalam menyampaikan pesan, namun sekaligus juga menjadi solusi terjadinya sebuah konflik. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif yang metode penelitiannya merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teori yang digunakan adalah teori penetrasi sosial beserta teori manajemen konflik. Pada penelitian ini, digunakan teknik pengumpulan data triangulasi data dengan berisikan observasi, wawancara terhadap ketiga pasangan suami istri yang menikah melalui proses taaruf sebagai subjek penelitian, serta didukung juga oleh dokumentasi yang dilakukan pada berbagai dokumen tentang penelitian ini. Dalam teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data kualitatif yang menggambarkan berdasarkan dengan fakta - fakta di lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas data yang dijabarkan oleh Moleong dengan tujuan uji (credibility) kredibilitas data yaitu menilai kebenaran dari temuan penelitian kualitatif. Kata Kunci : Penetrasi Sosial, Manajemen Konflik, Pernikahan Muda, Proses Ta'aruf

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 02:47
Last Modified: 11 May 2023 02:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28290

Actions (login required)

View Item View Item