REPRESENT ASI MITOS KECANTIKAN DAN GAYA HIDUP SEHAT DALAM DRAMA KOREA (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Drama Korea Oh My Venus)

Sanny Vembry, Alice (2023) REPRESENT ASI MITOS KECANTIKAN DAN GAYA HIDUP SEHAT DALAM DRAMA KOREA (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Drama Korea Oh My Venus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800014_fullpdf.pdf

Download (44MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Drama Korea Oh My Venus yakni sebuah drama yang menggambarkan adanya sebuah konstruksi realitas sosial yang terjadi di tengah masyarakat sehingga membuat kaum wanita terobsesi dengan mitos kecantikan yang beredar. Sehingga membuat kaum wanita akan melakukan berbagai macam hal yang dapat merubah bentuk tubuhnya menjadi sempurna. Salah satunya dengan cara mengubah gaya hidup sehat seperti mengatur pola tidur, memilah makanan yang lebih bergizi dan berolahraga. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimanakah representasi mitos kecantikan wanita dan gaya hidup sehat yang telah diterapkan pada drama Oh My Venus. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma kritis. Peneliti di sini mempergunakan metode analisis semiotika Roland Barthes, yakni denotasi, konotasi, serta mitos yang dibagi sebagai penanda dan pertanda. Peneliti telah menggunakan teori Roland Barthes dengan menandai bagaimana manusia memaknai sebuah tanda serta melihat askpek lainnya dari penandaan sebagai "mitos yang telah dibuat oleh masyarakat, teori konstruksi realitas sosial dimana melalui tindakan dan interaksi yang terjadi akan menimbulkan realitas yang dialami bersama secara subjektif dan teori self confidence (kepercayaan diri) yang membentuk atau meyakinkan sebuah penilaian terhadap diri sendiri. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa mitos kecantikan menjadikan kaum wanita akhirnya rela melakukan berbagai macam hal untuk mendapatkan pengakuan bahwa dirinya cantik. Dengan cara mengubah gaya hidup seperti mengatur pola tidur, berolahraga dan memiliki makanan bergizi. Seperti yang terjadi dalam pemain bernama Kang Joo Eun merasa tidak percaya diri dengan tampilan fisiknya karena tidak sesuai dengan standar mitos kecantikan yang beredar ia melakukan olahraga dan memilih makanan rendah lemak. Nyatanya dengan mengikuti mitos gaya hidup sehat juga akan berdampak pada tubuh. Kata Kunci : Semiotika, Representasi, Mitos, Roland Barthes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 07:19
Last Modified: 11 May 2023 07:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28289

Actions (login required)

View Item View Item