PENGARUH GAYA KOMUNIKASI, KUALITAS INFORMASI DAN MAKNA PESAN PADA KONTEN INSTAGRAM REELS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (FOLLOWERS) @bittersweet_by_najla

Riska Khasanah, Mahsunatul (2022) PENGARUH GAYA KOMUNIKASI, KUALITAS INFORMASI DAN MAKNA PESAN PADA KONTEN INSTAGRAM REELS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (FOLLOWERS) @bittersweet_by_najla. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801700023_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801700023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

Inovasi dalam teknologi internet semakin beragam, terutama ketika menggunakan internet sebagai cara berbeda untuk menjalankan bisnis. Mirip dengan bagaimana Najla Bisyir mendirikan usaha kulinernya, Bittersweet by Najla, melalui pemanfaatan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya komunikasi, kualitas informasi, dan makna pesan pada konten Instagram Reels terhadap minat konsumen Bittersweet by Najla. Teori S-O-R (Stimulus-Organisme-Respon) merupakan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini, yang menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan paradigma positivisme. Metode purposive sampling digunakan untuk menyebarkan kuesioner kepada 100 orang di kota Semarang untuk pengambilan data. Dalam penelitian ini digunakan uji t (uji parsial) dan regresi linier berganda sebagai teknik analisis data, dan program aplikasi IBM SPSS digunakan untuk menguji data statistik. Berdasarkan temuan penelitian ini, nilai alpha cronbach lebih besar dari 0,70 dan r hitungnlebih besarnatau samaddengan r tabel (0,197) menunjukkan bahwa setiap item kuesioner reliabel dan valid. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel makna pesan (X3) berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen (Y) dengan hasil t hitung 4,744 > t tabel 1,661, variabel kualitas informasi (X2) merugikan minat beli konsumen (Y), dan variabel gaya komunikasi (X1) merugikan minat beli konsumen (Y). Namun, penelitian ini memiliki beberapa kekurangan, seperti fakta bahwa hanya pengikut Instagram yang dimasukkan dalam sampel, meskipun pengikut dari platform media sosial lainnya dapat dimasukkan. Selain itu, tanggapan responden tampak beragam, dengan beberapa responden tidak menyatakan pendapat sama sekali. Sebenarnya. Oleh karena itu, diharapkan peneliti merekomendasikan untuk menggunakan sampel tambahan dan menambahkan teori pendukung tambahan untuk penelitian selanjutnya untuk meningkatkan kualitas penelitian tersebut. Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Kualitas Informasi, Makna Pesan, Teori S-O-R

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 May 2023 06:41
Last Modified: 05 May 2023 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28287

Actions (login required)

View Item View Item