PENGARUH TERPAAN IKLAN DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MEMESAN PENGINAPAN DENGAN APLIKASI TRAVELOKA DI KOTA SEMARANG

Achmad Fachrezi, Irgi (2022) PENGARUH TERPAAN IKLAN DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MEMESAN PENGINAPAN DENGAN APLIKASI TRAVELOKA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_31001600376_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_31001600376_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang Onile Travel Agent atau OTA, salah satunya Traveloka perusahaan ini membantu pengguna jasa untuk menemukan tiket pesawat, pemesanan hotel dan penginapan yang tersedia di aplikasi mapun website. Traveloka muncul dengan harapan bisa membantu masyarakat pengguna untuk segera memesan hotel dengan cepat secara online, Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang faktor terpaan iklan, kesadaran merek dan keputusan memesan penginapan apakah saling berkaitan dan memiliki pengaruh positif dalam sektor online travel agent. Peneliti fokus pada bagaimana pengaruh terpaan iklan, kesadaran merek dan keputusan untuk memesan penginapan diaplikasi Traveloka. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R yang berasumsi bahwa saat seseorang melihat iklan traveloka (stimulus) maka orang tersebut sedang memikirkan untuk berlibur atau menghabiskan waktu dengan keluarga (Organism) dan akan langsung untuk memesan penginapan di aplikasi traveloka (Respon). Selain S-O-R peneliti juga menggunakan model hierarki efek asumsi dari teori ini adalah saat seseorang belum menyadari apa itu online travel agent (Awareness), dan sudah pernah melihat iklan online travel agent tetapi belum menegtahui apa itu traveloka (Knowledge), saat seseorang tersebut sudah mulai menyukai iklan online travel agent (Liking) maka orang itu akan mulai memilih dari beberapa online travel agent (Preference), pada tahap selanjutnya orang tersebut akan memilki keinginan untuk menggunakan jasa traveloka sebagai sarana untuk liburan sendiri maupun bersama keluarga (Conviction) dan pada akhirnya saat seseorang itu sudah kenal,tahu,suka makaakan menjadikan traveloka sebagai pilihan dan akan menggunakan jasa yang terdapat pada aplikasi traveloka (Purchase). Hasil penelitian menunjukan bahwa semua kuesioner dinyatakan valid. Terpaan Iklan dan Keputusan Memesan Traveloka ada pengaruh sedang dan nyata terhadap pemesanan penginapan di Traveloka. Dalam pengujian realiabititas semua pertanyaan juga dinyatakan reliable karena nilai alpha terpaan iklan 0,701, nilai alpha dari kesadaran merek 0,639 dan nilai alpha dari keputusan memesan 0,772 yang lebih besar dari koefisien alpha yaitu 0,60. Kata Kunci : Onile Travel Agent, Terpaan Iklan, Kesadaran Merek, Keputusan Memesan, Teori S-O-R.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 02:59
Last Modified: 11 May 2023 02:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28284

Actions (login required)

View Item View Item