Rofit Fatahillah, Mohamad (2023) YOUTUBE SEBAGAI STIMULUS MEDIA SOSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Analisis Youtube Channel HSR_Wheel). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Komunikasi_31001500314_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_31001500314_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
Abstract
Youtube merupakan media informasi yang memiliki banyak keunggulan dalam menyampaikan pesannya. Banyak penjual yang mempromosikan produknya melalui berbagai macam konten yang menarik di youtube. Salah satunya adalah akun youtube HSR_Wheel, dimana akun tersebut memberikan informasi mengenai produk velg yang dijual. Konten yang disajikan dapat berupa edukasi mengenai velg beserta variannya, promo potongan harga, review velg, dan tips memilih velg yang sesuai untuk mobil. Akun ini menjadi pusat informasi seputar velg dan lainnya bagi calon konsumen atau masyarakat secara luas karena konten yang disajikan menarik dan informatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara dan sekunder yang didapatkan dari buku, jurnal, dan internet. Landasan teori yang digunakan adalah teori Pengambilan Keputusan Pembelian dan Teori Stimulus, Respon, Organism (SOR). Keterbatasan dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif yang hanya menggunakan satu informan saja sehingga tidak bisa lebih dalam mengulik fenomena yang ada. Berdasarkan pengamatan serta analisa yang dilakukan oleh peneliti, maka diperoleh Stimulus (S) berupa pesan yang disampaikan oleh channel Youtube HSR_Wheel, Organisme (O) di peneitian ini adalah konsumen velg HSR_Wheel yaitu informan dan Respon (R) yang dimaksud adalah pengambilan keputusan pembelian velg HSR_Wheel. Tahapan pengambilan keputusan pembelian sudah berjalan sesuai urutannya yaitu, calon konsumen mengenali kebutuhan yang dimiliki kemudian dilakukan pencarian informasi, dilanjutkan dengan evaluasi alternatif sebagai pilihan lain yang diinginkan, setelah itu pada tahap keputusan pembelian dan terakhir adanya perilaku pasca atau bagaimana kepuasan informan setelah mendapatkan kebutuhan yang diinginkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa stimulus konten Youtube HSR_Wheel dapat diterima oleh calon konsumen sebagai media sosial yang dapat mempengaruhi respon pengambilan keputusan pembelian. Untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan metode lain selain deskriptif agar data yang terkumpulkan lebih lengkap dan menyeluruh. Kunci : Youtube, Pengambilan Keputusan, SOR, Media Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 May 2023 06:35 |
Last Modified: | 05 May 2023 06:35 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28282 |
Actions (login required)
View Item |