IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN SISWA DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 2 SEMARANG

Sodikin, Muh (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN SISWA DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 2 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100051_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100051_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Bangsa Indonesia kini sedang mengalami krisis moral dari berbagai lapisan masyarakat, bahkan masyarakat pada lingkup dunia pendidikan pun tidak terlepas dari persoalan tersebut. Terbukti masih banyak kasus pelanggaran moral yang melibatkan peserta didik, sehingga kita masih sering mendengar adanya tawuran, pergaulan bebas, pemakaian obat-obat terlarang, dan kasus-kasus pelanggaran lainnya yang melibatkan peserta didik. Kondisi tersebut menggambarkan masih belum optimalnya pendidikan karakter di sekolah, tidak terlepas pada jenjang sekolah dasar (SD) dan sederajat. Dalam paradigma pendidikan saat ini, pendidikan itu seharusnya menghasilkan atau mampu mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman kepada Tuhannya, berakhlak mulia, cakap, kreatif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan membahas secara mendalam mengenai implemenetasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pembiasaan siswa di SD Islam Sultan Agung 2 Semarang untuk mengetahui terkait implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pembiasaan siswa dan untuk mengetahui faktor pendukung maupun penghambat dalam implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pembiasaan siswa.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini informan penelitian terdiri dari pihak guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan siswa-siswi SD Islam Sultan Agung 2 Semarang. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pembiasaan siswa telah menerapkan strategi yang tepat, hal ini ditunjukan dengan adanya pembiasaan yang terprogram dalam pengamalan budaya sekolah islami, pemberian keteladanan, etika, nilai positif serta adanya komite dan komitmen sekolah. sehingga implementasi dapat berjalan baik. 2. Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pembiasaan siswa terbukti lebih dominan pada faktor pendukung, hal ini ditunjukkan dengan faktor pendukung meliputi sumber daya guru yang profesional, program budaya sekolah Islami dan faktor dari berbagai pihak melalui komite dan komitmen sekolah. sehingga, sangat cukup membantu implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pembiasaan siswa di SD Islam Sultan Agung 2 Semarang. kata kunci: Implementasi, Nilai Karakter, Pembiasaan Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 07:14
Last Modified: 11 May 2023 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28267

Actions (login required)

View Item View Item