TRANSFORMASI PENDIDIKAN PESANTREN; STUDI ATAS PEMIKIRAN KH. ABDUL WAHID HASYIM

Ummah, Kholifatul (2023) TRANSFORMASI PENDIDIKAN PESANTREN; STUDI ATAS PEMIKIRAN KH. ABDUL WAHID HASYIM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21501900022_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21501900022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengkaji tentang sistem pendidikan yang diterapkan di pesantren, dan transformasi yang dirintis oleh KH. Abdul Wahid Hasyim (selanjutnya disebut Wahid Hasyim) dalam memajukan dunia pendidikan pesantren dan umat Islam Indonesia. Dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan sistem pendidikan di pesantren, dan untuk mengetahui corak pemikiran Wahid Hasyim tentang pembaruan pendidikan pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif guna memahami lebih dalam atas pemikiran seorang tokoh tentang pandangannya terhadap dunia pendidikan pesantren. Oleh karena itu penelitian ini bertumpu dalam studi pustaka (library research), yang ingin menghasilkan bentuk dan proses pengkisahan serta hasil pemikiran manusia. Adapapun langkah-langkah metodologis dalam proses penelitian ini adalah; mengumpulkan sumber, menguji keabsahan sumber, melakukan analisis sumber, dan menuliskan hasil penelitian. Wahid Hasyim merupakan tokoh bangsa yang berjasa besar dalam transformasi pendidikan Islam di Indonesia terutama pembaruan pendidikan pesantren. Upaya Wahid Hasyim dalam melakukan transformasi sudah dimulai sejak usia muda dengan mendirikan sebuah lembaga pendidikan (madrasah) yang diberi nama Madrasah Nidhomiyah. Madrasah ini merupakan cikal bakal lembaga pendidikan Islam modern di Indonesia. Madrasah ini juga menjadi lembaga pendidikan pertama yang menggabungkan pendidikan model Barat (seculer science) dan pendidikan model pesantren (salafi). Dalam pemikiran Wahid Hasyim tidak pernah menganggap satu ilmu lebih unggul daripada ilmu yang lain. Baginya, semua ilmu baik agama maupun umum (baca: sekuler) sama pentingnya. Meskipun mempunyai latar belakang pendidikan dari pondok pesantren, akan tetapi ia juga mengkaji ilmu pengetahuan umum. Hal ini menunjukkan bahwa Wahid Hasyim merupakan seorang tokoh yang mempunyai pemikiran moderat, maju, dan visioner. Kata kunci : Transformasi, Pendidikan, Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 05 May 2023 06:47
Last Modified: 05 May 2023 06:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28248

Actions (login required)

View Item View Item